Thursday, January 25, 2007

Malam-malam yg Melelahkan


Perkembangan Radith menggembirakan sejak pulang dari rumah sakit. Pas diijinin pulang berat 2,3. Lima hari di rumah waktu dibawa kontrol ke rs beratnya udah 2,7. Nanti tgl 30 jan akan kontrol dan imunisasi lagi.

Imunisasi pertamanya hepatitis. Tidak seperti textbook dan pengalaman orang-orang yg mengatakan imunisasi pertama adalah BCG. Kata dokternya justru buku nya yg sekarang musti diganti. Imunisasi hepatitis tidak menyebabkan anak demam. Tidak seperti imunisasi yg lain yg pernah saya dengar.

Radith sering pipis. Baguslah, daripada susah pipis? Hehehe.. Ya konsekuensi
orang tuanya yg harus gantiin popok/celana. Alhasih setiap pagi kain flanel dan popok menggunung. Belum lagi kalo Radithnya pup. Kalo yg ini saya ga ikutan, mamanya aja. Saya agak 'sensi' kalo udah urusan yg satu itu. Walaupun punya anak sendiri. Tapi memang kebanyakanya mamanya yg bangun. Papanya mah kebluk tidurnya :) Vitri sekarang sering saking pinggang, dan tulang pahanya nyeri seperti rematik katanya. Tapi ga berani minum obat sembarangan, takut pengaruh ke ASI buat Radith.

Radith punya kebiasaan merengek kalo mau kentut. Kalo udah merengek gitu mukanya merah banget. Jadi '...oeeee eeee..... DUT!' udah itu diem lagi. Ga lama kemudian gitu lagi. Vitri nanya ke saya, kenapa ya gitu? Saya jawab, karena Radith blom bisa siul. Kalo udah bisa siul, pasti sebelum kentut dia milih bersiul daripada maksain mukanya jadi merah gitu.

Tapi yg jelas kita berdua suka bingung untuk membedakan maksud tangis Radith. Kadang dicek ga pipis, ngASI juga udah, tapi koq masih nangis juga? Ternyata kegerahan. Oya, Radith ga suka dibedong. Bedongnya bisa berantakan diterjang oleh tangan dan kakinya. Harusnya ada kamus arti tangis bayi di gramed, pasti laku keras.

Radith juga sering olap/gumoh. Katanya sih kalo abis ngASI jangan langsung dibaringin (kalo pake istilah ditiduri koq rasanya kurang sreg ya?). Harus ditepok tepok dulu punggungnya sampai bersendawa. Istilah si Vitri, di-mpo mpo. Gw pikir itu bahasa sunda, ternyata itu karangan dia sendiri.

Kebiasaan Radith tidur pasti kepalanya menghadap kanan, akibatnya kupingnya yg sebelah kanan rada kelipat. Sama kita kepalanya kita hadapin ke kiri, trus sebelah kanannya ditumpukin kain, biar ga bisa balik ke kanan :)

250107

-dodd-

No comments: